OLAHRAGA

Suryanaga Cup 2019 Kembangkan Potensi Atlet Bulu Tangkis Dalam Negeri

Laporan Ika Suryani Syarief | Selasa, 10 Desember 2019 | 20:40 WIB
Yakob Rusrianto Ketua Umum PB Surayanaga (kanan) dan Poli Purnama Ketua Panitia Pelaksana Suryanaga Cup 2019 (kiri). Foto: Budi Leksono Suara Surabaya
suarasurabaya.net - Sebagai satu di antara club bulu tangkis tertua di Jawa Timur, PB Suryanaga kembali menggelar event tahunan Suryanaga Cup 2019. Event kedua ini akan dilaksanakan di GOR Suryanaga, Jalan Dharmahusada Indah Barat, Surabaya, selama 6 hari. Mulai 16 sampai 21 Desember 2019 mendatang.

Yakob Rusdianto Ketua Umum PB Surayanaga mengatakan bahwa kejuaraan ini merupakan bagian dari komitmen klubnya untuk terus melakukan pembinaan atlet bulu tangkis di berbagai level usia.

"Lewat event ini kami ingin memberikan kontribusi untuk Jatim ataupun Indonesia. Nantinya bisa memunculkan atlet-atlet berbakat baru seperti eranya Alan Budi Kusuma ataupun Sony Dwikuncoro," kata Yakob kepada Budi Leksono Suara Surabaya, Selasa (10/12/2019).

Yakob mengakui sejauh ini pembinaan di Klub Suryanaga memang masih belum maksimal sehingga potensi-potensi baru yang muncul masih sangat terbatas. Untuk itu, lewat kejuaraan reguler tahunan yang di gelar sekarang ini diharapkan bisa menjembatani optimalisasi prestasi atlet di Jatim dan Surabaya pada khususnya.


Lewat Suryanaga cup ini juga bisa dijadikan atlet untuk terus mengembangkan potensinya. Apalagi ajang kompetisi ini bisa dijadikan wadah atlet untuk mengasah kemampuan. Keterlibatan atlet-atlet dari luar Jatim dan luar negeri bisa dijadikan media mencari pengalaman.

Tentang minimnya jumlah peserta asing yang ikut, mantan Sekjen Pengurus Besar PB PBSI ini mengatakan sebenarnya tidak masalah. Karena event ini memang sebenarnya, sementara lebih difokuskan pada kejuaraan internal di Jatim ataupun Indonesia. Kalaupun memang ada peserta asing yang ikut, itu akan menambah prestise kejuaraan.

Sementara, Poli Purnama Ketua Panitia Pelaksana Suryanaga Cup 2019 mengatakan, untuk kejuaraan tahun ini akan diikuti sekitar 850 peserta dari berbagai daerah yang tersebar di Jawa Timur. Bahkan ada dari beberapa daerah lain di antaranya Bali, Makasar, Jawa tengah dan juga Jawa Barat. Terbagi dalam 5 kategori usia. Mulai 10, 12, 14, 16, dan 18 tahun.

"Peserta akan memperebutkan total 112 medali dan hadiah total Rp70 juta," kata Poli.(bud/iss/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.