OLAHRAGA
Kualifikasi Piala Dunia 2022

Indonesia Bertekuk Lutut di Malaysia, Safawi Rasyid Borong Dwigol

Laporan Ika Suryani Syarief | Rabu, 20 November 2019 | 06:06 WIB
Muhammad Safawi Rasid, penyerang tim nasional Malaysia, merayakan salah satu golnya ke gawang Indonesia dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G zona Asia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (19/11/2019). Foto: Instagram @theafchub
suarasurabaya.net - Tim nasional Indonesia bertekuk lutut menelan kekalahan 0-2 dari tuan rumah Malaysia setelah penyerang Muhammad Safawi Rasid memborong dwigol dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G zona Asia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (19/11/2019).

Demi melengkapi kenestapaan di Bukit Jalil, sebuah kesempatan tendangan penalti yang diperoleh Indonesia pada menit ke-83 gagal dikonversi menjadi gol oleh Osas Saha.

Kekalahan kelima Indonesia dari lima pertandingan yang sudah dilakoni membuat skuat Garuda tersungkur di dasar klasemen Grup G tanpa punya satu poin pun, sedangkan Malaysia (9) untuk sementara naik ke posisi kedua hingga berita ini ditulis.

Dipantau dari siaran resmi laga di Jakarta, Selasa, Malaysia tampil lebih dominan dalam penguasaan bola hampir sepanjang pertandingan.


Indonesia yang tak menurunkan penyerang murni berusaha mengandalkan serangan balik dan sempat mendapat peluang lebih dulu ketika Febri Haryadi berhadapan satu lawan satu dengan kiper Khairullazhan bin Mohd Khalid pada menit ke-20.

Khairullazhan sukses menepis tembakan Febri, namun imbasnya ia menderita cedera dan langsung ditarik keluar digantikan Mohd. Farizal Marlias.

Dominasi Malaysia akhirnya membuahkan hasil ketika kapten Indonesia Rudolof Yanto Basna melakukan pelanggaran tak jauh dari kotak penalti. Kesempatan itu dioptimalkan Safawi Rasid yang melepaskan tendangan bebas terukur demi membawa Malaysia unggul pada menit ke-30.

Tujuh menit berselang, Indonesia memperoleh peluang emas menyamakan kedudukan saat gawang tuan rumah sempat tak bertuan pada menit ke-37, namun Greg Nwokolo gagal mencetak gol lantaran bola tendangannya mengenai kaki bek Malaysia.

Keunggulan Malaysia bertahan hingga turun minum dan upaya Indonesia menyamakan kedudukan pada babak kedua tak kunjung membuahkan hasil. Malahan pada menit ke-73, Safawi kembali berhasil menjebol gawang Indonesia ketika Yanto Basna melakukan kesalahan di lini pertahanan. Dua kesalahan dari Yanto Basna, sang penyandang ban kapten, praktis berbuah dua gol bagi Malaysia.

Pada menit ke-83, Indonesia punya peluang untuk setidaknya menyelamatkan wajah dengan membawa pulang satu gol ketika memperoleh kesempatan tendangan penalti. Alih-alih melipurkan lara, Osas Saha yang jadi algojo mendapati eksekusi penaltinya dijinakkan oleh Farizal Marlias.

Ketika peluit tanda laga usai berbunyi, Indonesia yang datang dengan tangan hampa dan pulang tanpa menghasilkan apa-apa.(ant/iss)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.