OLAHRAGA

Semangat Rahmad Hidayat Atlet Selam Difabel Ikuti Kejurnas di Surabaya

Laporan Anggi Widya Permani | Sabtu, 16 November 2019 | 17:00 WIB
Rahmad Hidayat atlet selam difabel asal Tasikmalaya (tengah), Mirza Mutaqin (kaos putih) dan Supardi dari PB POSSI saat dapat apresiasi.Foto: Humas POSSI Jatim
suarasurabaya.net - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Finswimming Piala Gubernur 2019 yang di gelar di Kolam Renang Dispora Jatim, tidak seperti biasanya. Kejurnas kali ini tidak hanya diikuti para atlet normal, tapi juga atlet difabel.

Rahmad Hidayat asal Tasikmalaya Jawa Barat menjadi satu-satunya atlet selam difabel yang ikut tampil di Kejurnas hari ini, Sabtu (16/11/2019) dan Minggu (17/11/2019). Rahmad tampil eksibisi di nomor 100 Finswimming bersama 3 atlet lainnya yang non-difabel atau normal.

Laki-laki yang merupakan guru mengaji ini rupanya pernah menjuarai beberapa kejuaraan renang laut. "Saya tidak minder bertanding disini," kata Rahmad.

Mirza Mutaqin Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jatim mengaku, sangat mengapresiasi kehadiran Rahmad. Ini adalah inisiatifnya sendiri untuk tampil di Kejurnas dan bukan paksaan dari pihak panitia.


"Karena, dia datang jauh-jauh dari Tasikmalaya hanya ingin tampil di event Kejurnas di Surabaya. Untuk itu, POSSI Jatim sebagai panitia penyelenggara harus memfasilitasi. Karena ini olahraga selam bukan hanya milik atlet normal tapi juga atlet difabel," kata Mirza.

Mirza juga mengungkapkan, ini adalah kali pertama kegiatan Kejurnas Selam Pial Gubernur melibatkan atlet difabel. Dia pun berkeinginan, keterlibatan atlet difabel ini tidak hanya dieksibisikan. Tapi juga dilombakan resmi dengan melibatkan atlet difabel berbagai daerah.

Senada dengan Mirza, Supardi Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Besar PB POSSI juga sangat mengapresisI upaya Pengprov POSSI Jatim. Menurutnya, keterlibatan atlet difabel ini bisa menjadi awal positif ke depannya.

Sedangkan untuk regulasinya, lanjut dia, akan dibahas lebih lanjut. Sebab dalam hal ini harus melibatkan semua komponen, baik dari POSSI maupun daerah.

"Karena perlu dicarikan aturan khusus. Sehingga nantinya cabang selam untuk Paralympic atau yang melibatkan kaum difabel bisa dilombakan resmi di Kejurnas ataupun lainnya. PB POSSI akan sangat mendukung, kalau nantinya kejuaran selam difabel di pertandingan di Piala Gubernur tahun depan di Jatim," kata dia.

Seperti diketahui, Pengprov POSSI menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Finswimming Piala Gubernur 2019, mulai 16-17 November. Event ini diikuti sekitar 711 peserta dari 12 provinsi dan 42 kabupaten/kota. Kejuaraan ini mempertandingkan 302 nomor. (bud/ang)
Editor: Zumrotul Abidin



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.