OLAHRAGA

Imbang Tanpa Gol, U-16 Indonesia Menunggu, China Lolos ke Piala Asia

Laporan Denza Perdana | Minggu, 22 September 2019 | 21:58 WIB
Ahmad Athallah (kanan) Pemain Timnas Indonesia U-16 berusaha menyundul bola saat melawan tim China pada laga kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (22/9/2019). Foto: Antara
suarasurabaya.net - Laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 antara Timnas Indonesia dengan Timnas China di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (22/9/2019) berakhir imbang tanpa gol.

Timnas U-16 China sudah pasti lolos setelah menahan imbang Indonesia dan menduduki peringkat satu di Grup G dengan koleksi 10 poin. Sejatinya, poin Indonesia juga 10. Hanya selisih gol.

Timnas U-16 Indonesia masih punya kesempatan lolos ke Piala Asia U-16 2020 sebagai salah satu dari empat peringkat kedua terbaik di kualifikasi. Tapi Timnas masih harus menunggu seluruh laga kualifikasi selesai untuk mendapatkan kepastian apakah ke putaran final atau tidak.

Dalam pertandingan kontra China malam ini, Indonesia yang secara visual kalah postur dari lawan mampu memberikan perlawanan ketat.


Mengandalkan Marselino Ferdinan dan Ahmad Athallah Araihan, yang masing-masing sudah membuat enam dan lima gol di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020, Indonesia beberapa kali membuat China kewalahan.

Gelandang China Liu Ruichen bahkan harus mendapatkan kartu kuning di menit keenam karena menghadang pemain Indonesia.

Di menit ke-25, Marselino melepaskan tendangan yang melebar ke sisi kiri gawang China. Empat menit kemudian, Aditiya Daffa membuat peluang yang dapat ditangkap kiper China Li Hao.

Indonesia hampir saja membuat gol di menit ke-42, tetapi bola hasil sepakan Ahmad Athallah Araihan mampu disapu dari garis gawang oleh pemain bertahan China.

China sendiri mendapatkan beberapa peluang, tetapi tidak ada yang benar-benar berbahaya berkat solidnya lini pertahanan Indonesia yang digalang oleh Marcell Januar Putra dan Alexandro Kamuru.

Skor 0-0 pun bertahan sampai laga memasuki masa jeda. Di babak kedua, Indonesia lebih banyak berada di bawah tekanan China. Akan tetapi, sesekali Indonesia mengancam termasuk dari sepakan Mochamad Faizal Shaifullah di menit ke-88 yang ditangkap kiper China.

Tidak ada gol setelahnya. Skor 0-0 pun tidak berubah sampai laga tuntas.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Timnas U-16 Indonesia: I Made Putra Kaicen-pg, Aditya Rangga (85', Alfin Lestaluhu), Mochamad Faizal Shaifullah, Resa Aditya, Marselino Ferdinan, Ruy Arianto, Marcell Januar Putra (kapten), Alexandro Kamuru, Dimas Pamungkas, Aditiya Daffa (88', Muhammad Valeroen), Ahmad Athallah Araihan.

Timnas U-16 China: Li Hao-pg, Li Suda, Alikuti Aishajiang, Xiang Rongjun, Zhang Yixuan, Zhang Menxuan, He Xiaoke (kapten, 78', Zeng Yaozhang), Lui Ruichen (83', Huang Peizhao), Xu Bin, Maiuwulang Mijiti (90+2', Xierzhati Nuer), Fan Chao.(ant/den)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.