OLAHRAGA

Futsal Jadi Tren Olahraga di Jatim, Ika Tetrasma Kembali Gelar Kejuaraan

Laporan Agustina Suminar | Jumat, 12 Oktober 2018 | 16:26 WIB
Abdul Kadir Virdi Panitia Pelaksana pertandingan (kanan) dan Lukitasari Ketua Ika Tetrasma dalam peluncuran Garuda Emas FC. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net - Ikatan Alumni SMA Negeri 4 Surabaya (Ika Tetrasma) bekerja sama dengan Asprov PSSI Jawa Timur, Dispora Jatim, dan juga Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) akan menggelar Kejuaraan Futsal antar SMU dan SMK se-Jawa Timur.

Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ini akan dilaksanakan di lapangan Gool Futsal Mangga Dua, Jagir, Wonokromo Surabaya mulai 19 sampai 21 Oktober mendatang.

Abdul Kadir Virdi Panitia Pelaksana pertandingan mengatakan, kejuaraan futsal ini digelar karena ia melihat cabang olahraga ini masih menjadi tren di kalangan pelajar dan mahasiswa Jawa Timur.

Abdul Kadir berharap kejuaraan ini mampu menjadi wadah positif untuk pengembangkaan pembinaan cabang Futsal Jatim di level SMA ataupun SMK.

"Ini sekaligus bisa menjadi media mencari bibit-bibit baru," tambahnya.

Abdul Kadir yang juga biasa dipanggil Ferdi Mahmud kepada Budi Leksono Suara Surabaya, Jumat (12/10/2018) mengatakan, syarat bagi peserta yang ingin mendaftar amatlah mudah.

"Biaya pendaftaran juga tidak mahal. Untuk tim peserta yang ingin mendaftar hanya diwajibkan membayar Rp.350.000," katanya.

Pendaftaran yang telah dibuka sejak 20 September lalu ini akan ditutup 16 Oktober 2018 mendatang untuk peserta dalam Kota Surabaya. Sementara untuk peserta dari luar kota, pendaftaran dapat dilakukan paling lambat 17 Oktober 2018, yakni saat technical meeting.

Kejuaraan Futsal yang nantinya akan menggunakan sistem setengah kompetisi penuh ini juga akan memberikan fasilitas penginapan untuk peserta yang datang dari luar kota.

"Sistem ini nanti setiap tim yang ada di masing-masing grup akan saling bertemu. Baru nantinya akan diambil dua terbaik untuk kemudian lolos ke babak berikutnya," terangnya.

Mengenai kuota peserta, Ferdi Mahmud mengatakan pihak panitia sendiri tidak membatasi. Namun panitia memperkirakan ada 32 tim yang nantinya akan ambil bagian dan memberi toleransi sampai maksimal 48 tim peserta.

"Praktis, jumlah pertandingan juga akan lebih banyak. Persaingan pun juga dipastikan akan lebih ketat karena kekuatan tim futsal di Surabaya dan sekitarnya akan mendapat perlawanan dari tim daerah lain," katanya.

Kejuaraan Futsal antar pelajar SMU dan SMK ini memperebutkan hadiah total Rp11 juta yang akan dibagi dalam berbagai macam kategori hadiah, diantaranya untuk Best Player, Best Supporter, dan Top Scorer.

Pada penyelenggaraan pertama tahun lalu, kejuaraan ini pemenang pertama diraih SMA Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo, juara dua ditempati SMA Negeri 9 Surabaya, lalu ketiga diraih SMA Antartika Sidoarjo.

"Lalu juara keempatnya diraih SMA Negeri 15 Surabaya," pungkas Ferdi. (bd/nin/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.