OLAHRAGA
Asian Games 2018

Obor Asian Games Mulai Diarak di Jakarta

Laporan Muchlis Fadjarudin | Rabu, 15 Agustus 2018 | 11:55 WIB
Penyulutan obor Asian Games di Lippo Kramat Jati, Jakarta, Rabu (15/8/2018). Foto: Faiz suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Setelah Bandung dan juga Bogor, kini obor Asian Games mulai diarak di wilayah Jakarta. Dari Bogor, obor tiba pertama kali di wilayah Jakarta Timur atau tepatnya di Lippo Kramat Jati.

Di tempat ini sekitar pukul 09.00 WIB, obor diserahkan oleh Salerina yaitu perwakilan Inasgoc kepada M Anwar Wali Kota Jakarta Timur.

Setelah penyerahan tersebut, api kemudian disulut di sebuah Mini Couldron yang sebelumnya sudah dipersiapkan oleh panitia.

Obor Asian Games kemudian oleh Anwar diserahkan kepada Priyaka Ivan Astama mantan atlet disabilitas tuna rungu cabang olah raga Taekwondo.

Alunan musik Baleganjur yang berasal dari Bali mengiringi serah terima yang selanjutnya Torch Relay mulai bergerak menuju Gedung Sasono Langen Utomo Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Priyaka membawa obor sekitar 500 meter di etape pertama, yang kemudian dilanjutkan ke yang lain sampai 20 titik, dan berakhir di TMII.

Dalam perjalanan menuju TMII dari Jalan Kramat Jati, di sepanjang jalan banyak siswa-siswi SD, SMP sampai SMU ramai menyambut pawai obor Asian Games ini. Para pegawai sebuah instansi maupun kantor-kantor pemerintah, bahkan TNI juga ikut menyemarakan pawai ini dengan membawa atribut-atribut bendera semua negara yang terlibat di Asian Games. Pria maupun wanita dengan seragam budaya dan adat juga ikut menyambut obor Asian Games. Tidak sedikit para penyambut obor Asian Games minta foto bersama dengan pria dan wanita pemakai seragam adat dan budaya tersebut.

Setiba di halaman pintu masuk TMII, obor kemudian dibawa kembali oleh M Anwar untuk memasuki Sasono Langen Utomo. Di sini, Anwar kemudian menyulut kembali Mini Couldron yang telah tersedia.

Sambutan meriah dari reog maupun dram band mengiringi kedatangan obor Asian Games di Sasono Langen Utomo. Setelah penyulutan api di Mini Couldron, ada pemberian medali pada 10 atlet etape pertama.

Setelah istisrhat sejenak, pawai obor Asian Games berlanjut ke wilayah Jakarta Selatan seperti Condet, Ragunan, Pejaten, Ampera dan nanti sore berakhir di balaikota DKI Jakarta.

Pawai obor, masih berlanjut esok hari untuk wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara. Pawai obor akan berakhir pada 17 Agustus 2018 di Kepulauan Seribu.(faz/iss/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.