OLAHRAGA
Piala AFF U-16 2018

Indonesia Melaju ke Final Setelah Tekuk Malaysia 1-0

Laporan Zumrotul Abidin | Kamis, 09 Agustus 2018 | 21:10 WIB
Bagus Kahfi saat akan mengeksekusi tendangan penalti ke gawang Malaysia. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net - Laga panas Timnas Indonesia melawan Malaysia di Semifinal Piala AFF U-16 2018 benar-benar terjadi di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (9/8/2018) malam. Indonesia akhirnya berhasil mengalahkan Malaysia lewat gol tunggal Bagus Kahfi.

Sejak menit awal, David Maulana dkk langsung tancap gas mengobrak-abrik pertahanan Malaysia. Serangan yang dibangun pemain Timnas Indonesia melalui sayap kanan, beberapa kali menusuk pertahanan Malaysia. Namun, dua kali peluang emas belum bisa berbuah gol.

Berulangkali, bola yang dibawa Amiruddin Bagas Kaffa dari belakang nyaris sempurna menjadi peluang di depan gawang Malaysia. Duet Si kembar Bagas-Bagus beberapa cukup merepotkan bek kanan Malaysia.

Dalam 40 menit babak pertama, serangan Timnas Indonesia dominan dibangun dari sayap kanan. Beberapa serangan dari sayap kiri seringkali mudah dipatahkan oleh pemain bertahan Malaysia.

Serangan dari sayap kiri, dibebankan pada Muchammad Supriadi. Pemain asal Rungkut Surabaya itu beberapa kali bekerja keras menusuk pertahanan Malaysia dari sisi kiri. Namun belum bisa efektif berbuah gol.

Sementara pemain Malaysia jarang sekali melancarkan serangan. Tapi begitu menyerang sekali, serangan itu mampu mengancam gawang Indonesia. Sampai peluit akhir babak pertama, skor tetap kacamata alias 0-0.

Usai turun minum, pemain Indonesia sebagian dirotasi oleh pelatih Fahkri Husaini. Sutan Zico dimasukkan menggantikan Fajar Fathur Rachman. Lalu, Andre digantikan Hamsa Lestaluhu.

Permainan Timnas Indonesia sedikit berubah. Bola-bola pendek lebih banyak dimainkan. Hingga kemudian, langkah cepat Supriadi menyambar bola menuju gawang berbuah pelanggaran karena dihadang kiper Malaysia. Pelanggaran itu memberikan peluang hadiah tendangan penalti yang mampu diselesaikan Bagus Kahfi dengan baik di menit ke-72.

Satu-satunya gol Bagus Kahfi itulah akhirnya mengantarkan Indonesia menuju Final menghadapi Thailand pada Sabtu (11/8/2018) nanti. Di laga semifinal sebelumnya Thailand telah mengalahkan Mayanmar juga dengan skor tipis 1-0. (bid/tin/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA