OLAHRAGA
Asian Games 2018

Aliqqa Atlet Skateboard Termuda di Kontingen Indonesia Targetkan Medali Emas

Laporan Farid Kusuma | Rabu, 08 Agustus 2018 | 19:32 WIB
Aliqqa Novvery atlet skateboard nasional anggota Kontingen Indonesia termuda yang akan berlaga di Asian Games 2018, bersiap mengikuti upacara pelepasan Kontingen Indonesia di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (8/8/2018). Foto: Farid suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Joko Widodo Presiden, Rabu (8/8/2018), sore ini resmi melepas Kontingen Indonesia yang akan berlaga di Asian Games ke-XVIII Tahun 2018, yang dihelat di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan.

Sekitar 904 orang atlet dan ofisial yang kompak memakai jaket merah bertuliskan Tim Indonesia, berkumpul di lapangan tengah Istana Kepresidenan Jakarta.

Di antara ratusan atlet yang rata-rata berusia dewasa, ada seorang gadis berusia 9 tahun yang juga terdaftar dalam Kontingen Indonesia.

Atlet belia itu bernama Aliqqa Novvery. Dia adalah anggota Kontingen Indonesia termuda yang akan berlaga di cabang olahraga skateboard.

Sebelum mengikuti acara pelepasan Kontingen Indonesia, suarasurabaya.net sempat ngobrol dengan Aliqqa yang datang bersama Jeffry Abel manajernya.

Aliqqa bercerita, dia mulai mengenal olahraga ketangkasan papan seluncur roda dari saudara sepupunya, waktu berumur 7 tahun.

Sesudah menekuni selama hampir dua tahun, Aliqqa mengatakan sudah cukup sering mengikuti seleksi atlet nasional, dan akhirnya terpilih karena dinilai layak.

"Aku atlet skateboard. Nanti kalau ketemu Pak Jokowi mau minta sepeda," ujarnya sambil tertawa menjawab pertanyaan suarasurabaya.net, di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Di ajang Asian Games 2018, gadis kelahiran 2 April 2009 itu menargetkan medali emas cabang Skateboard dari nomor street. Cabang olahraga Skateboard nantinya akan digelar di Jakabaring Sport City Palembang, Sumatera Selatan.

"Targetnya nanti medali emas. Aku juga sudah pernah lihat lawan-lawannya," ucap Aliqqa.

Sekadar diketahui, Kontingen Indonesia di pentas Asian Games 2018 berjumlah 1.383 orang, terdiri dari 938 atlet, 365 ofisial, dan 80 headquarter.

Nantinya, para atlet kebanggaan Indonesia akan berlaga di 40 cabang olahraga, 67 disiplin, dan 465 nomor.

Pada Asian Games tahun ini, Indonesia menargetkan minimal dapat 16 medali emas dan masuk 10 besar dari 45 negara kawasan Asia yang terdaftar sebagai peserta.

Untuk mencapai terget itu, KONI dan Kemenpora sudah memetakan 14 cabang olahraga yang potensial meraih medali emas.

Antara lain, angkat besi, atletik, balap sepeda, bowling, bridge, bulu tangkis, dayung, jetski, panahan, panjat tebing, paralayang, pencak silat, wushu dan taekwondo. (rid/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.