OLAHRAGA
Piala Dunia 2018

Inggris Ganyang Panama 6-1, Susul Belgia ke 16 Besar

Laporan Dwi Yuli Handayani | Minggu, 24 Juni 2018 | 21:14 WIB
Harry Kane merayakan gol ke gawang Panama, Minggu (24/6/2018). Foto: Reuters
suarasurabaya.net - Inggris berpesta gol atas Panama dengan skor 6-1 dalam pertandingan Grup G Piala Dunia 2018 yang dihelat di Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod, Rusia, Minggu (24/6/2018) malam WIB.

Seperti dilansir Antara, kemenangan ini membuat Inggris melenggang ke babak 16 besar, menyusul Belgia yang sudah lolos lebih dahulu, setelah keduanya mengoleksi 6 poin dalam dua pertandingan fase penyisihan grup.

Gol Inggris dicetak oleh John Stones (8', 40'), Harry Kane (22', 45', 62') dan Jesse Lingard (36'). Sementara gol balasan Panama dicetak Felipe Baloy (78').

Inggris yang menurunkan bintang-bintangnya di starting "line-up" antara lain John Stones, Jordan Henderson dan Harry Kane, langsung menguasai jalannya pertandingan sejak awal babak pertama.

Bahkan mereka mampu membuat Panama yang mengandalkan kekuatan fisik, seakan tak berkutik dan menahan setengah lapangan tim Amerika Tengah yang menurunkan Roman Torres, Jose Luis Rodriguez dan Blas Perez tersebut.

Pesta gol Inggris dimulai pada menit ke-8, saat John Stones yang berdiri bebas di dalam kotak 12 pas mampu memanfaatkan dengan baik sepakan pojok yang dilesakan Kieran Tripper dari sisi kiri lapangan permainan Panama untuk menyarangkan bola ke gawang Jaime Penedo. Skor 1-0 untuk Inggris.

Petaka untuk Panama kembali muncul usai Fidel Escobar melanggar Jesse Lingard di kotak penalti pada menit ke-20.

Eksekusi penalti bagi Inggris mampu diselesaikan dengan baik oleh sang kapten, Harry Kane, yang mengarahkan bola ke kanan atas gawang Jaime Penedo, akhirnya memperbesar keunggulan Inggris atas Panama 2-0.

Belum puas di situ, Inggris kembali membuat para penggemarnya di Nizhny Novgorod Stadium bersorak usai Jesse Lingard melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti ke pojok kiri gawang Panama pada menit ke-36. Skor 3-0 untuk Inggris.

Seakan mengisyaratkan pesta belum habis, Inggris lagi-lagi memaksa Jaime Penedo memungut kembali bola dari gawangnya usai Johs Stones mampu menyundul bola kemelut di depan gawang Panama pada menit ke-40 yang merubah skor 4-0 untuk Inggris.

Pesta Inggris di babak pertama diakhiri dengan gol penalti pada menit 45+1 oleh Harry Kane, buah dari pelanggaran yang dibuat Anibal Godoy pada sang eksekutor.

Babak kedua

Memasuki babak kedua, Inggris tampak lebih santai dalam bermain, tusukan-tusukan tajam agak sedikit berkurang dibandingkan babak pertama. Sementara Panama, memanfaatkan kesempatan itu untuk bermain lebih menyerang walau belum mampu mencetak gol.

Dewi Fortuna menaungi kembali Inggris yang memperlihatkan permainan efektif dan membuat gol pada menit ke-62 lewat Harry Kane yang tanpa sengaja merubah arah bola hasil tendangan keras Ruben Loftus-Cheek dari luar kotak penalti.

Gol balasan Panama akhirnya terjadi lewat pemain pengganti Felipe Baloy yang mampu memanfaatkan dengan baik umpan tendangan bebas yang dilesakan Ricardo Avila dari sisi kanan pertahanan ke depan gawang Inggris pada menit ke-78 dan merubah kedudukan 6-1.

Skor 6-1 pun bertahan hingga wasit Ghead Grisha asal Mesir membunyikan peluit tanda akhir pertandingan.

Dengan hasil ini, Inggris memuncaki Grup G dan dipastikan lolos ke 16 besar bersama Belgia yang sama-sama telah mengumpulkan enam poin namun berbeda selisih gol.

Di pertandingan terakhirnya, Inggris akan menghadapi Belgia dalam pertarungan adu gengsi untuk menentukan pemuncak grup G. (ant/dwi)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.