OLAHRAGA
Piala Dunia 2018

Beberapa Fakta Jelang Pertemuan Pertama Rusia Vs Mesir di Piala Dunia

Laporan Denza Perdana | Selasa, 19 Juni 2018 | 22:19 WIB
Mohamed Salah Penyerang Mesir dipastikan main dalam laga pertemuan pertama dengan Rusia di babak penyisihan Piala Dunia 2018, Rabu (20/6/2018) dini hari nanti. Foto: Reuters
suarasurabaya.net - Laga melawan Rusia menjadi partai hidup mati bagi Mesir di Piala Dunia 2018. Kabar baiknya, Timnas Mesir memastikan Mohamed Salah siap bermain melawan Rusia karena sudah dalam kondisi yang fit. Demikian disampaikan Hector Cuper Bos Timnas Mesir, sebagaimana dilansir dari laman FIFA.

"Ia berada dalam kondisi fit. Saya berharap ia siap tampil bermain. Dalam pertandingan sebelumnya, kami berpikir bahwa ia fit namun kami punya hasil tes kebugaran yang terakhir," katanya dikutip Antara, Selasa (19/6/2018).

Mohamed Salah berangsur pulih dari cedera dan siap melawan tim tuan rumah Rusia. Sebelumnya, pemain yang membela Liverpool itu tidak turun ke lapangan ketika negaranya kalah 0-1 dengan Uruguay di pertandingan pembukaan Piala Dunia 2018.

Karenanya, pertandingan dengan Rusia kali ini sangat menentukan. Mohamed Salah dan kawan-kawan harus memetik angka dalam pertandingan babak penyisihan Piala Dunia 2018 di Krestovsky Stadium, Rabu (20/6/2018) waktu setempat.

Hasil negatif pada pertandingan tersebut berarti tersingkirnya Mesir dari turnamen. Padahal mereka harus menunggu 28 tahun untuk kembali tampil di Piala Dunia. Raihan satu angka juga belum tentu cukup bagi Mesir. Mereka harus memperhatikan posisi Rusia dan Uruguay dalam perebutan dua tiket babak gugur.

"Kami tahu pertandingan nanti bakal sulit. Tapi kami percaya dapat mengalahkan Rusia," kata Mohamed Elneny gelandang Mesir, dilansir BBC dikutip Liputan6.com.

Hany Abu Rida Presiden Federasi Sepak Bola Mesir menekankan, para pemain Timnas Mesir perlu memiliki kepercayaan diri yang besar untuk menanggulangi kendala yang dihadapi selama berlaga di Rusia.

Ketika berbicara mengenai keikutsertaan Salah dalam Timnas Mesir, ia menekankan bahwa "peran Salah demikian besar karena memberi kepercayaan diri kepada rekan sesama tim."

Ihab Leheta Manajer Timnas Mesir mengabarkan kondisi terbaru mengenai Salah. Katanya, "Salah turun dalam sesi latihan bersama sesama rekan pemain lainnya. Ia siap melawan Rusia menurut staf pelatih teknis. Salah tidak mengajukan pertanyaan mengenai pertandingan melawan Uruguay. Pertandingan melawan Rusia sudah ada di depan mata, meski kami kalah melawan Uruguay. Tidak ada pilihan lain, kami harus menang."

Sementara itu, Rusia siap tampil percaya diri setelah menundukkan Saudi Arabia dengan skor 5-0. Tim Negeri Beruang Merah itu tidak akan diperkuat oleh Alan Dzagoev gelandang serang , karena ia menderita cedera hamstring dalam laga pembuka.

Bek kiri Yuri Zhirkov tampak berlatih seorang diri pada Minggu karena ia masih dibekap cedera ringan pada engkel, namun ia berangsur pulih.

Beberapa fakta menjelang pertemuan pertama Rusia vs Mesir di Piala Dunia:

Rusia:

1. Kemenangan Rusia dengan skor 5-0 atas Saudi Arabia merupakan kemenangan terbesar tim tuan rumah dalam laga pembuka sejak Italia menundukkan Amerika Serikat 7-1 pada 1934.

2. Sejak menjadi Uni Soviet, Rusia tidak terkalahkan melawan tim asal Afrika di Piala Dunia (dua kali menang, sekali imbang), termasuk menang 6-1 ata Kamerun pada 1994, dengan Oleg Salenko memborong lima gol.

3. Aleksandr Golovin mencetak gol yang pertama di ajang Piala Dunia dan membukukan dua assist dalam debutnya di turnamen ini.

4. Duo Rusia mencetak gol bagi timnas pada laga pembuka Piala Dunia 2018. Mereka adalah Yury Gazinsky dan Denis Cheryshev.

5. Sebagai negara independen, Rusia gagal lolos fase gugur Piala Dunia dalam tiga kesempatan (1994, 2002, 2014).

Mesir:

1. Mesir masih menunggu untuk meraih kemenangan pertama di ajang Piala Dunia (dua kali imbang, tiga kali kalah).

2. Tim berjuluk The Pharaohs ini gagal mencetak gol dalam tiga laga terakhir mereka di Piala Dunia. Gol terakhir mereka dicetak dari tendangan penalti yang diambil Magdy Adbelghani ketika Mesir bermian imbang 1-1 melawan Belanda pada 1990.

3. Mereka hanya mencatatkan clean sheet ketika bermain imbang 0-0 melawan Irlandia pada Juni 1990.

4. Mohamed Elneny melepas 44 operan ketika melawan Uruguay dalam pertandingan pertama Piala Dunia 2018. Ini capaian terbanyak yang dihasilkan pemain Mesir di Piala Dunia.

5. Mohamed Salah merupakan pencetak gol terbanyak Mesir ketika berlaga di babak kualifikasi dengan mengoleksi lima gol dalam lima penampilan.

Prakiraan susunan pemain:

Rusia (4-2-3-1):
Igor Akinfeev (penjaga gawang); Mario Fernandes, Ilya Kutepov, Sergei Ignashevich, Yuri Zhirkov; Roman Zobnin, Yury Gazinsky, Daler Kuziaev; Aleksandr Golovin, Denis Cheryshev; Fedor Smolov

Mesir (4-2-3-1):
Mohammed El Shenawy (penjaga gawang), Ali Gabr, Ahmed Hegazy, Ahmed Fathi, Mohammed Abdelshafy; Tarek Hamed, Mohammed El Neny, Mahmoud Trezeguet, Abdullah Al Said; Mohammed Salah, Marwan Mohsen.(den)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.