OLAHRAGA

Timnas U-16 Raih Juara Pertama Turnamen Jenesys 2018

Laporan Ika Suryani Syarief | Senin, 12 Maret 2018 | 15:22 WIB
Timnas U-16 JuaraTurnamen Jenesys di Kirishima Yamazakura Miyazaki Prefectural Comprehensive Sports Park Pitch 1, Jepang, Senin (12/3/2018). Foto : pssi.org
suarasurabaya.net - Hasil membanggakan didapat tim nasional Indonesia U-16 di turnamen Jenesys yang berlangsung hari ini, Senin (12/3/2018) di Kirishima Yamazakura Miyazaki Prefectural Comprehensive Sports Park Pitch 1, Jepang. Tim pelatih Fakhri Husaini ini menduduki juara pertama dengan setelah berhasil mengalahkan Vietnam 1-0.

Gol semata wayang tim Garuda Asia dicetak oleh Rendy Juliansyah dari titik putih penalti. Hadiah penalti ini didapat Indonesia atas pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu pemain Vietnam di kotak terlarang.

Melihat kesempatan emas tersebut, pemain bernomor punggung 10 itu tidak menyia-nyiakan kesempatan. Dengan percaya diri Rendy menjebol bola ke gawang lawan pada menit ke-64.

Berdasarkan data yang dilansir dari pssi.org, perjalanan Timnas U-16 di turnamen Jenesys ini cukup memuaskan.

Pada penyisihan grup, Filipina dihajar 7-1 dan Kamboja dilumat 5-0. Sementara di babak semifinal giliran tuan rumah Jepang yang sukses dikalahkan dengan skor 1-0.

Piala ini menjadi piala pertama Timnas U-16 di tahun ini setelah pada tahun 2017, Timnas U-16 sukses menyabet juara pertama di turnamen Tien Phong Vietnam. Mengenai hasil ini, Fakhri mengatakan semuanya merupakan buah dari usaha kerja keras timnya.

"Cukup membanggakan. Ini juga berkat dukungan dan doa masyarakat Indonesia. Tentu saja kerja keras para pemain selama pemusatan latihan sampai pertandingan di Jenesys. Para pemain bermain tidak ada takutnya. Semua lawan dihadapi dengan gagah berani," jelas Fakhri yang dilansir pssi.org.

Menurut Fakhri, evaluasi tetap dilakukan karena turnamen ini merupakan target antara menuju Piala AFF U16 dan Piala Asia U-16.

"Tentu target besar kita lolos ke Piala Dunia U17 tahun 2019 dengan syarat lolos ke semifinal Piala Asia U16," kata Fakhri.

Ia juga menambahkan, hasil ini diharapkan bisa mengangkat moral dan motivasi pemain. Fakhri juga menginginkan hasil ini juga menjadi tonggak kebangkitan sepak bola Indonesia di pembinaan usia muda.

Selain mendapat juara pertama, salah satu pemian timnas U-16 bernama David Maulana juga mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik selama gelaran Jenesys 2018. (tna/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.