OLAHRAGA

Stadion Utama GBK Siap Gelar Laga Indonesia vs Islandia

Laporan Iping Supingah | Sabtu, 13 Januari 2018 | 07:11 WIB
Sri Mulyani Menteri Keuangan (kedua kanan) bersama Basuki Hadimuljono Menteri PUPR (kedua kiri), Erick Thohir Ketua INASGOC (kiri) dan Triawan Munaf Kepala Badan Ekonomi Kreatif mencoba rumput ketika meninjau Stadion GBK. Foto: Antara
suarasurabaya.net - Pemerintah memastikan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) siap menggelar pertandingan persahabatan internasional Indonesia versus Islandia pada Minggu (14/1/2018), sekaligus menjadi penggunaan perdana stadion pasca-renovasi yang dilakukan mulai tahun 2016.

Sri Hartoyo Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyebut, peresmian Stadion Utama GBK hasil renovasi dilakukan pada Minggu (14/1/2018) pukul 18.00 WIB atau sejam sebelum laga Indonesia kontra Islandia dimulai dan disaksikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Pertandingan persahabatan internasional ini sekaligus menjadi kesempatan untuk menguji stadion yang akan digunakan untuk Asian Games 2018," ujar Sri Hartoyo dalam konferensi pers yang digelar di ruang media Stadion Utama GBK, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Dia melanjutkan, stadion yang mulai dibangun pada Februari 1960 tersebut sudah dilengkapi dengan rangkaian perlengkapan yang canggih dan modern.

Rumput Stadion Utama menggunakan jenis zoysia matrella yang dianggap terbaik untuk lapangan sepak bola. Lalu demi mengantisipasi genangan air akibat hujan, sistem saluran air atau drainase diperpendek jaraknya dari tujuh meter antar-saluran menjadi hanya empat meter.

Untuk penonton, Stadion Utama kini menyediakan kursi tunggal dengan nomor sehingga penonton bisa duduk sesuai lokasi yang tertera di tiket. Total, kursi penonton umum ada 73.479 unit, kursi penyandang disabilitas ada 132 unit, media 595 unit, VIP 1.725 unit dan VVIP 221 unit.

Khusus untuk presiden dan tamu negara disediakan ruang presidensial yang dilengkapi kaca tahan peluru.

Stadion Utama kini juga dilengkapi dengan lampu light emitting diode (LED) berdaya pancar hingga 3.500 lux.

Terkait penerangan ini, Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha PPKGBK Gatot Tetuko menjamin lampu akan tetap menyala sepanjang pertandingan karena Stadion Utama sudah dilengkapi dengan generator yang mumpuni.

"Kami punya generator penyokong berdaya listrik kuat," kata Gatot.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyambut baik semua dukungan pemerintah dan pihak GBK untuk laga timnas Indonesia melawan Islandia.

Ratu Tisha Destria Sekretaris Jenderal PSSI pun berjanji akan melakukan yang terbaik demi kelancaran dan keamanan pertandingan.

"Kami berharap bisa menjawab kepercayaan dari pemerintah," kata Ratu. (ant/ipg)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA