OLAHRAGA

Penyebab Marquez Nyaris Kecelakan di GP Valencia

Laporan Dwi Yuli Handayani | Senin, 13 November 2017 | 06:49 WIB
suarasurabaya.net - Marc Marquez mengatakan insiden membahayakan yang terjadi pada balapan seri pamungkas MotoGP 2017 di Valencia terjadi karena ia berupaya menghindari senggolan dengan pebalap Yamaha Tech Johann Zarco.

Seperti dilansir Antara, Marquez selamat dari kecelakaan setelah keluar dari lintasan pada tikungan pertama lap 24.

Walaupun sempat terjebak pada lintasan kerikil, namun Marquez mampu menyelamatkan diri untuk kembali ke lintasan dan menuntaskan balapan di posisi ketiga, di bawah Pedrosa dan Zarco.

Marquez pun menjelaskan insiden itu terjadi saat ia terburu-buru saat berupaya mengejar Zarco yang memimpin balapan.

"Saya berada di belakang Zarco dan saya bisa jauh lebih cepat. Tapi saya baik-baik saja dan tetap tenang," kata Marquez kepada BT Sport seusai balapan.

"Ketika saya menyalip Zarco untuk mencoba menekan, karena saya merasa lebih baik, saya merasa sedikit takut. Saya takut Zarco masuk dan terjadi senggolan, maka saya memutuskan untuk menekan di tikungan itu, tapi saya terlalu kencang," kata pebalap berjuluk Baby Alien itu.

Marquez pun melewatkan titik pengereman pada tikungan itu sehingga motornya meluncur keluar lintasan. Namun ia berhasil kembali ke lintasan setelah menahan motornya agar tidak terjatuh menggunakan lengan dan lututnya.

"Selama balapan, saya selalu berusaha tenang, mencoba mengendalikan situasi," katanya.

Walaupun Marquez finis di posisi tiga, namun pebalap Honda itu berhasil mempertahankan gelar juara dunia kelas utama yang diraihnya pada 2013, 2014, dan 2016 setelah saingan terdekatnya Andrea Dovizioso mengalami kecelakaan pada lima lap sebelum finis.

Marquez menjadi juara dunia MotoGP keempat kalinya dengan perolehan 298 poin, diikuti Dovizioso di urutan kedua dengan 261 poin, dan pebalap Yamaha Maverick Vinales di posisi tiga setelah mengumpulkan 230 poin. (ant/dwi)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Doa untuk Orang yang Buang...
Agus Bakrie Sudharnoko