OLAHRAGA

1.500 Personel Amankan Pertandingan Persebaya vs PSIS Semarang

Laporan Bruriy Susanto | Minggu, 19 Maret 2017 | 11:01 WIB
Antrean suporter Persebaya Surabaya saat membeli tiket di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (19/3/2017) pagi. Foto: Raditya Prawita via Redaksi
suarasurabaya.net - Polisi akan menurunkan 1.500 personel untuk mengamankan jalannya pertandingan persahabatan Persebaya Surabaya melawan PSIS Semarang di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (19/3/2017) sore. Personel tersebut merupakan gabungan dari anggota TNI dan Polda Jawa Timur.

Kombes. Pol. M. Iqbal Kapolrestabes Surabaya menjelaskan, beberapa tahapan yang dilakukan. Pertama, rapat koordinasi dengan semua instansi yang ikut terlibat melakukan pengamanan serta mengundang panitia pelaksana.

Kedua, melakukan penggalangan dan pendekatan dengan koordinator suporter. Diharapkan, agar citra Bonek semakin kuat dan menjaga nama baik Persebaya Surabaya.

"Ada 1.500 personel diturunkan di lokasi. Nantinya, akan dibagi menjadi empat ring untuk mengamankan jalan pertandingan, mulai dari sebelum bertanding, hingga pertandingan itu selesai," kata Kombes Pol M. Iqbal Kapolrestabes Surabaya, saat dihubungi suarasurabaya.net, Minggu (19/3/2017).

Mantan Kapolres Jakarta Utara itu menjelaskan, pengamanan di ring pertama lebih banyak di bagian penonton VIP, ruang ganti pemain dan official, kemudian di ring dua ada pada di tribun, ring tiga di luar stadion seperti di sekitar tiketing, antrian masuk dan sekitar area parkir.

Seedangkan, ring empat lebih banyak pada jalur-jalur yang lebih banyak dilewati atau dilintasi suporter, baik itu sebelum, saat dan setelah pertandingan selesai.

"Ring empat ini yang agak rawan. Terutama pasca pertandingan. Maka akan kita perkuat dengan 7 rayon khusus, personil yang mobile untuk mengantisipasi segala hal. Sampai suporter bonek itu kembali dengan tertib dan aman saat berada di tengah jalan," ujar dia.

Perwira yang pernah menjabat sebagai Kapolresta Sidoarjo itu berharap, pada suporter tertib, saat di jalan, di dalam maupun di luar stadion, waktu sebelum jalannya pertandingan hingga selesai.

"Nantinya, kita juga menyedikan angkutan mobil untuk membawa suporter mengantarkan pulang ke titik kumpul yang sudah disepakati antara suporter bonek dengan polisi," ujarnya. (bry/iss/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Krian Padat
Heri Viery
X
BACA LAINNYA