OLAHRAGA

Tim Hoki Indoor Putra Jatim Gagal ke PON XIX

Laporan Tito Adam Primadani | Senin, 05 September 2016 | 17:30 WIB
Ilustrasi.
suarasurabaya.net - Gagalnya tim hoki indoor putra Jawa Timur untuk PON Jawa Barat September 2016, murni karena kecilnya peluang untuk dapatkan medali emas.

Saat kualifikasi, mereka hanya meraih posisi 6 besar. Meski mereka lolos, namun peluang untuk medapatkan medali emas sangat kecil. Sehingga terpaksa yang diberangkatkan KONI Jawa Timur hanya tim putri saja.

Dhimam Abror Kepala Badan Puslatda sekaligus Ketua Harian KONI Jawa Timur kepada Krisna Suara Surabaya, Senin (5/9/2016) mengatakan, kita sudah berbicara dari hati ke hati, ke ketua, sekretaris hingga pelatihnya. Ini murni karena kecilnya peluang untuk mendapatkan emas bagi tim putra, bukan karena like atau dislike (matrealistis).

"Saya dapat mandat terkait evaluasinya, saya jelas tegas katakan tidak berangkatkan tim putra daripada mereka tertekan dan mempengaruhi tim putri yang jelas-jelas memiliki peluang untuk mendapatkan emas. Kita fokuskan untuk tim putri, sedangkan tim putra ayo kita bina supaya bisa seperti tim putri," kata Dhimam.

Dhimam menambahkan, KONI punya pertimbangan matang sebelum memutuskan kalau tim hoki indoor putra tidak ikut PON Jawa Barat. "Kalau misalnya kita kasihan karena mereka sudah capek latihan, ya sudah kita berangkatkan semua," ujarnya.

"Tim putri yang konsentrasinya dan perhatiannya penuh bisa mendapatkan emas, namun karena tim putra yang perhatiannya terpecah bisa mempengaruhi tim putri untuk gagal. Ini yang bisa mengakibatkan mereka tidak bisa masuk di Puslatda. Karena jika salah satu cabor bisa mendapatkan medali emas, mereka bisa masuk di Puslatda dan persiapan untuk PON 2020," ujarnya.

Ia menambahkan, jika tim hoki dapat medali emas, otomatis tim hoki akan dibiayai oleh KONI dan bisa digunakan untuk dikelola bersama istilah Surabaya-nya tim putra bisa nunut. Kalau kedua-duanya gagal, mereka akan berjuang sendiri-sendiri sampai PON 2020 nanti.

Itulah pertimbangan yang sudah disampaikan Dhimam terkait tim putra yang gagal untuk diberangkatkan ke PON. Sekarang tinggal berharap tim hoki indoor putri bisa raih medali emas di PON Jawa Barat, sehingga nantinya bisa membantu tim putra untuk ikut di PON 2020. (krs/iml/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA